Tari Perang Nias Warnai Peresmian BBM Satu Harga Saat Hari Pahlawan

Tari Perang memberi warna pengesahan 3 BBM Satu Harga di Kepulauan Nias, Sumatera Utara (Sumut). Pengesahan BBM Satu Harga oleh Pertamina Pemasaran Operation Region (MOR) I di Bumi Tano Niha bersamaan dengan momen Hari Pahlawan.

 

Tari Perang atau Tari Baluse adalah salah satunya tarian yang dari Nias Selatan. Tarian ini adalah lambang dari keperkasaan prajurit di medan perang, serta perwujudan dari rutinitas warga Nias pada jaman dahulu.

Berkaitan Pengesahan BBM Satu Harga, Executive General Manajer Pertamina MOR I, Herra Indra Wirawan menjelaskan, sesudah di bulan September lalu disahkan di Nias, sekarang ditambah kembali lagi titik instansi penyalur BBM Satu Harga sekitar 2 di Kabupaten Nias Barat serta 1 di Nias Selatan.

Semenjak tahun 2018 sampai sekarang ini, Pertamina telah mendatangkan 10 titik SPBU Solid yang dibuat di Pulau Nias. Dengan kedatangan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Solid, Pertamina terus datang untuk menyiapkan BBM bermutu ke warga.

‎”BBM Satu Harga untuk tingkatkan ekonomi warga. Energi memicu ekonomi. Untuk di Nias, 2020 ini telah diwujudkan BBM Satu Harga 10 titik. Sampai tahun depannya masihlah ada, sebab program dari pemerintahan,” kata Herra di SPBU 16.228.027, Dusun Bawofanayama, Kecamatan Ganayama, Nias Selatan, Selasa (10/11/2020).

Ikut datang dalam pengesahan itu Komite BPH Migas, Marwansyah Lobo Balia. Dalam sambutannya, Lobo menginginkan dengan makin bertambahnya SPBU Solid ini makin mempermudah warga dalam terhubung bahan bakar.

‎”BBM satu harga ini ditujukan untuk daerah 3T, Ketinggalan, Paling luar, Paling depan. BBM satu harga ini jadi bukti pemerintahan berusaha keras terhitung waktu keadaan wabah ini,” sebutkan Lobo.

Dengan pertambahan SPBU Solid penyuplai BBM Satu Harga ini, diinginkan faksi pemda, pebisnis, dan Pertamina bisa bekerja bersama, hingga warga, terutamanya di daerah Kabupaten Nias Barat serta Kabupaten Nias Selatan memperoleh BBM secara adil serta rata.

Diutarakan Lobo, BPH Migas sudah memutuskan paket Macam BBM Spesifik (JBT) untuk Kabupaten Nias Barat tahun 2020 sejumlah 170 ribu liter untuk minyak tanah, serta sekitar 908 ribu liter produk Biosolar. Sedang paket Macam BBM Spesial Penempatan (JBKP) Premium 2,6 juta liter.

“Energi diperlukan untuk segala hal. Jika tidak ada energi, mati kita,” katanya.

Sekretaris Wilayah (Sekda) Kabupaten Nias Selatan, Ikhtihar Doha menjelaskan, kehadiran BBM Satu Harga penting untuk warga. Hingga warga juga bisa makin gampang dalam terhubung bahan bakar.

“Kami mengucapkan terima kasih, hingga warga bisa merasai bahan bakar pada harga yang lumrah serta sama di daerah yang lain,” sebut Doha.

Masyarakat Dusun Bawofanayama, Kecamatan Ganayama, Nias Selatan, berasa benar-benar suka dengan kedatangan BBM Satu Harga. Bagaimana tidak, sejauh ini masyarakat dusun yang akan isi BBM harus tempuh jarak seputar 6 Km (Km).

Seorang masyarakat Dusun Bawofanayama, Nituazohe Sichura menjelaskan, hadirnya BBM Satu Harga di SPBU 16.228.027 membuat mereka tak perlu jauh kembali untuk isi BBM. Ini membuat mereka lebih efektif waktu serta jarak.

“Kami lebih suka adanya BBM Satu Harga di sini. Saat ini sangat dekat,” kata Nituazohe.

Diutarakan Nituazohe, saat sebelum ada SPBU BBM Satu Harga, mereka sempat merasai mau tak mau menggerakkan kendaraan jika BBM mendadak habis di tengah-tengah jalan waktu ke arah SPBU yang paling jauh.

“Benar-benar jauh (SPBU) bisa-bisa kami dorong kendaraan. Saat ini telah tidak akan, kami berterima kasih ke Pertamina. Keinginan di depan, mudah-mudahan dapat berkembang kembali,” Nituazohe menandaskan.

Peraturan BBM satu harga sekarang dicicipi warga di Palau Rote. Pertamina secara sah menjalankan SPBU Solid, di Dusun Edalode, Kecamatan Pantai Baru, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (19/7).

By Preston

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!