SKK Migas-KKKS Gelorakan Industri Hulu Migas Saat Pandemi Covid-19

Wabah covid-19 di indonesia menghajar semua bidang di bagian ekonomi. Tidak kecuali penyelenggaraan pengendalian aktivitas usaha hilir minyak serta gas bumi yakni unit kerja khuhsus penerapan aktivitas usaha hilir migas serta gas bumi (skk migas).

 

Tidak mau berlarut dalam imbas besar covid-19. Skk migas lagi bekerjasama dengan kontraktor kontrak kerja sama (kkks) menggelorakan kembali lagi industri hilir migas di indonesia.

Di tengah-tengah wabah covid-19. Skk migas bersama kkks pertamina hilir energi jambi merang (phe jambi merang) sukses mengakhiri penerapan survey seismik 2d loyalitas kerja tentu (kkp) daerah kerja jambi merang sejauh 31.908 km persegi.

Survey seismik 2d kkp jambi merang mulai dikerjakan pada tanggal 20 november 2019 serta mengakhiri pemerolehan terakhir kalinya pada tanggal 3 agustus 2020 pada jam 15.45 wib.

Kepala skk migas dwi soetjipto menjelaskan. Kesuksesan ini pantas jadi kebanggaan bangsa indonesia. Sebab 100 % dikerjakan oleh putra-putri terhebat bangsa serta bisa dituntaskan kurang dari satu tahun walau ada di tengah-tengah wabah covid-19.

“survey seismik ini jadi yang paling panjang di asia pasifik dalam waktu 10 tahun akhir serta indonesia sanggup mengakhirinya cuman dalam waktu 261 hari”. Kata kepala skk migas. Waktu dicatat selasa (10/11/2020).

Menurut dia. Survey seismik ini dituntaskan melewati sasaran yang diputuskan awalnya. Yakni 30.000 km2 atau penuntasannya capai 103.6 %. Bahkan juga dengan zero accident atau tanpa kecelakaan kerja.

Survey itu meliputi 35 cengkungan dari 128 cengkungan yang berada di indonesia. Yang terbagi dalam 6 producing basin. 7 discovery basin. 5 explored basin. Serta sekitar 17 yang lain adalah cengkungan baru atau unexplored basin yang tidak pernah terjamah awalnya.

Dengan banyaknya cengkungan survey. Ia menginginkan nanti bisa menjadi kekuatan cadangan migas yang besar untuk indonesia.

“skk migas memberi animo sebesar-besarnya ke semua team yang terjebak atas kerja sama serta kerjasama yang bagus intinya ke elsnusa sebagai eksekutor kerja serta terutamanya ke crew kapal elsa regent yang sudah sukses melakukan pekerjaan mulia ini.” katanya.

Walau sekarang ini industri hilir migas harus lakukan rekonsilasi karena rendahnya harga minyak serta turunnya permintaan. Tetapi aktivitas eksplorasi masih jadi fokus utama khusus yang perlu dikerjakan.

“di tengah-tengah berkurangnya nafsu investasi di indonesia. Kami malah memacu kegiatan-kegiatan investasi di hilir migas supaya masih dikerjakan.” ucapnya.

Untuk capai misi produksi 1 juta bopd di 2030. Lanjut dwi. Skk migas memiliki komitmen melakukan not business as usual dengan masif. Agresif. Namun junjung nilai efektif.

“sebab kesuksesan aktivitas eksplorasi ini hari adalah bekal untuk angkatan selanjutnya agar bisa nikmati hasil migas indonesia.” katanya.

Sama seperti dengan kkks medcoenergi. Yang disokong penuh skk migas untuk selalu bekerja di tengah-tengah wabah covid-19.

Bahkan juga masuk umur ke-40 tahun. Kkks skk migas ini selalu berkembang dengan konsentrasi pada usaha minyak serta gas bumi. Ketenagalistrikan dan pertambangan tembaga serta emas.

Lewat pemerolehan ophir energy plc pada 2019. Medcoenergi sekarang ini dianggap selaku perusahaan sumber daya alam terpenting di asia tenggara. Dengan tingkat produksi migas di atas 100.000 boe /hari.

Direktur khusus medcoenergi hilmi panigoro mengatakan. Perusahaan memiliki komitmen untuk jaga keselamatan di daerah kerja. Jaga kelangsungan usaha dengan patuhi prosedur keselamatan dan kesehatan covid-19 dari pemerintahan.

“kami sedang hadapi periode yang penuh rintangan. Pengurangan keinginan energi yang cepat dalam hadapi kenaikan produksi minyak. Adalah rintangan untuk industri.” katanya.

Dengan kemauan serta pengalaman serta loyalitas. Medcoenergi akan bertanggungjawab dalam bidang sosial serta lingkungan. Medcoenergi juga lagi memberikan dukungan pemerintahan untuk jaga suplai energi nasional.

Menurut dia. Perusahaan memiliki komitmen untuk jaga keselamatan di daerah kerja. Jaga kelangsungan usaha dengan patuhi prosedur keselamatan dan kesehatan covid-19 dari pemerintahan.

Bahkan juga. Perusahaan sudah memberikan dukungan warga di daerah operasi dalam melawan covid-19. Yakni dengan salurkan miliaran rupiah dari dana perusahaan serta andil karyawan. Yang sudah dialokasikan oleh medco foundation.

“peralatan klinis serta keperluan primer yang lain sudah dialokasikan dan sarana laboratorium di rumah sakit kanker dharmais. Sarana ini dibuat untuk memberikan dukungan pemerintahan serta warga buat percepat hasil test covid-19.” katanya.

Performa yang bagus diperlihatkan skk migas di tengah-tengah wabah covid-19. Yakni data lifting minyak nasional per 31 agustus 2020 terdaftar sejumlah 706.9 ribu barel minyak /hari (bopd). Atau 100.3 % mana yang melebihi sasaran apbn-p yakni 705 ribu bopd.

Eksekutor pekerjaan (plt) kepala seksi program serta komunikasi skk migas susana kurniasih menjelaskan. Perolehan ini adalah kerja hasil keras dari semua pihak yang terjebak.

“walau keadaan wabah covid-19 tidak lebih baik. Tetapi kami bersama kontraktor kontrak kerja sama (kkks) sukses jalankan program kerja. Sesuai sasaran yang diputuskan. Kami mengucapkan syukur lifting migas secara year to date di agustus melebihi sasaran.” ucapnya.

Skk migas konsentrasi pada usaha mitigasi risiko. Hingga masalah-kendala produksi bisa ditangani. Bahkan juga mereka akan penilaian bila ada pekerjaan operasi produksi. Yang dapat dipercepat.

Menurut dia. Mitigasi risiko supaya angka lifting akan lagi dipertahankan sampai tahun akhir 2020 kelak. Sedang untuk salur gas. Skk migas menulis sejumlah 5.516 juta standard kaki kubik /hari (mmscfd) atau 99.3 % dari sasaran apbn-p yaitu 5.556 mmscfd.

“kami saksikan resapan gas oleh beberapa customer pada bulan agustus 2020 telah lebih baik. Dibandingkan bulan-bulan awalnya. Karena itu kami percaya diri. Dengan makin bagusnya ekonomi di bulan-bulan kedepan karena itu resapan akan naik.” katanya.

Kecuali konsentrasi pada program kerja yang telah diputuskan. Skk migas lakukan langkah-langkah optimisasi supaya lifiting migas nasional bisa capai sasaran.

Bahkan juga skk migas tengah mewujudkan enam cara extraordinary usahas. Untuk pastikan lifting migas nasional capai sasaran. Hingga bisa memberi akseptasi negara yang maksimal. Pada periode susah saat ini.

Skk migas memberikan jalan keluar untuk kkks agar bisa penuhi produksi minyak sejumlah 705 ribu barrel /hari serta gas 5.556 mmscfd. Walau di tengah-tengah wabah covid-19.

Diutarakan wakil kepala skk migas fatar yani abdurrahman salah satunya jalan keluar yakni lakukan kerja sama dengan beberapa pengadaan tehnologi.

Kkks diinginkan siap lakukan eksperimen. Dengan ide pola no cure no pay atau performnce based untuk hasilkan tambahan produksi minyak serta gas.

Bila ide ini berjalan mulus. Ditarget ada penambahan produksi minyak rerata satu tahun 1.000 bph di tahun 2020.

“implementasi production enhancement technology dengan pola no cure no pay atau performnce based adalah inovasi skk migas untuk memperoleh tambahan produksi minyak serta gas.” bebernya.

Dia mengaku. Produksi pada tahun 2020 sudah capai titik paling rendah. Sebab bermacam kebatasan persoalan yang ada seperti wabahc covid-19. Pemberhentian operasi tidak terencana atau unplanned shutdown serta persoalan yang lain.

Deputi operasi skk migas julius wiratno menambah. Kecuali mempunyai tujuan memperoleh tambahan produksi minyak serta gas. Pola no cure no pay atau performnce based memberi imbas positif yang lain.

Yakni selaku salah satunya usaha tingkatkan kemampuan beberapa penyuplai layanan dengan diberikannya peluang untuk mengaplikasikan tehnologi terkini yang mereka punyai serta telah terbukti dalam implikasinya baik dalam atau di luar negeri.

“untuk kkks tidak ada rugi yang muncul bila ada ketidakberhasilan implementasi tehnologi itu. Sebab tidak ada ongkos yang dibayarkan. Hingga pola ini akan memikat untuk kkks atau beberapa penyuplai tehnologi serta jadi mode usaha baru di industri hilir migas di periode kedepan.” ucapnya.

Skk migas sumbagsel mengadakan jadwal teratur dengan kkks lewat komunitas seminar-online nasional secara virtual. Buat memberi info yang selebar-luasnya baik ke aktor industri hilir migas atau warga umum.

Seminar-online nasional bertopik “milenial maju bersama industri hilir migas” lewat program zoom yang diadakan di hari kamis (27/8/2020) itu. Menerangkan bagaimana industri hilir migas berusaha untuk menyesuaikan serta masih lagi berjalan dan berkepanjangan. Di tengah-tengah wabah covid-19.

Dan coba memperhitungkan bermacam masalah yang tampil yang akan datang selaku usaha untuk capai sasaran second golden zaman 1 juta bopd pada tahun 2030.

Adiyanto agus handoyo menjelaskan. Jumlahnya rintangan yang ditemui industri hilir migas dalam penuhi sasaran angka produksi pada periode ini. Kecuali permasalahan wabahc covid-19. Ada sesuatu hal yang lain jadi rintangan industri hilir migas yakni alami decline rate produksi serta turunnya keinginan (permintaan).

Lalu. Turun nya harga minyak dan rumor berkaitan tenaga kerja yang penting mendapatkan perhatian baik untuk aktor industri hilir migas. Maupun beberapa penopang kebutuhan. Serta yang juga sangat penting ialah factor keamanan dalam kelangsungan aktivitas usaha hilir migas.

“di tengah-tengah rintangan itu. Skk migas – kkks tetap akan menyesuaikan dalam lakukan aktivitas eksplorasi dan pemanfaatan. Baik itu dengan aktivitas survey seismik. Pemboran. Kerja ulangi serta perawatan sumur untuk penuhi loyalitas dalam capai sasaran angka produksi yang sudah diputuskan.” katanya.

Skk migas perwakilan sumbagsel memberikan perhatian lebih ke warga sumatera selatan (sumsel). Dalam menahan penyebaran covid-19. Bersama kkks phe raja tempirai – phe rt. Skk migas memberi kontribusi sembako ke warga seputar ring 1 daerah operasi perusahaan.

Sekitar 360 paket yang diteruskan ke warga di 6 dusun di kecamatan penukal. Kecamatan abab. Kabupaten penukal abab lematang ilir (pali) sumsel.

Tidak stop di situ saja. Di hari jumat (18/9/2020) lalu. Kapolda sumsel bersama kkks skk migas yakni pt pertamina ep asset 2 lakukan penanaman pohon serta salurkan kontribusi sembako di kota prabumulih sumsel.

Kapolda sumatera selatan irjen pol prof eko indra heri menghargai implementasi prosedur penjagaan serta pengendalian covid-19 yang dikerjakan skk migas-pt pertamina ep. Serta cara barusan perlu diikuti lembaga lain.

“kita menghargai yang diberi kapolda sumsel bisa memberi semangat positif untuk kkks pertamina ep dan kkks lain untuk selalu jaga komitmennya mengaplikasikan semaksimal kemungkinan prosedur kesehatan. Untuk mendesak serta memutuskan mata rantai penebaran covid-19 sekurang-kurangnya dari lingkungan rumah serta kerja lebih dulu.” sebut kepala perwakilan skk migas sumbagsel adiyanto agus handoyo.

Presiden jokowi sah memukulk dwi soetjipto jadi kepala skk migas.

Arah dibangunnya sekolah ialah supaya di tahun 2029. 85 % karyawan kilang minyak serta gas di papua ialah masyarakat asli papua.

 

By Preston

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!