Keberanian Machmud Singgirei Rumagesan, Kobarkan Semangat Persatuan Bangsa

Beberapa puluh tahun yang ditunggukan juga datang. Penantian semenjak tahun 90-an pada akhirnya berbuah hasil terhebat untuk keluarga besar machmud singgirei rumagesan. Bahkan juga semua warga papua serta indonesia biasanya.

 

Ini hari. Bersamaan dengan hari pahlawan. Machmud singgirei rumagesan dikukuhkan jadi pahlawan nasional 2020 yang pertama dari fakfak. Propinsi papua barat. Cucu kelima kakek machmud. Bijak rumagesan yang datang dalam pengukuhan gelar pahlawan nasional oleh presiden joko widodo di jakarta akui senang serta mengucapkan sukur atas gelar pahlawan yang diberi untuk si kakek.

“ini bukti usaha keras warga dan keluarga. Kami mengucapkan terima kasih ke pemerintahan yang mengaku di ufuk timur indonesia ada pejuang di fakfak.” ucapnya. Selasa (10/11/2020).

Machmud singgirei rumagesan adalah seorang raja dari sekar. Dia menyingkirkan penjajah bermula dari ketidaksenangannya pada pemerintahan penjajahan belanda yang semena-mena pada pekerja di tanah kelahirannya.

Dia selanjutnya ajukan ketentuan pada pemerintah penjajahan belanda. Semenjak kejadian itu. Tampil perselisihan di antara rumagesan dengan pemerintah belanda. Pada 1934. Seputar 73 penganut raja diamankan. Mengakibatkan. Dia dikucilkan ke saparua serta dijatuhkan hukuman sepanjang 15 tahun penjara. Sedang beberapa penganutnya dipenjara sepanjang 10 tahun.

Dengan keberaniannya menyingkirkan penjajahan belanda. Machmud muda dibuang serta dikucilkan ke beberapa wilayah oleh penjajahan belanda. Dimulai dari saparua. Sorong-doom. Manokwari. Hollandia atau yang saat ini disebutkan jayapura. Serta paling akhir ialah penjara di makassar.

“kakek ialah seorang pejuang pemberani serta terus memerhatikan hak rakyatnya. Sebab terus bela hak rakyat kecil. Dia dipandang penentang oleh belanda. Kakek kami dijatuhi hukuman. Dibuang pada beberapa penjara serta paling akhir di penjara makassar lalu dibebaskan.” kata bijak melalui jaringan telepon ke liputan6.com.

Bijak yang sekarang ini jadi raja sekar melanjutkan posisi si kakek yakini jika orang asli papua ialah beberapa orang yang pintar. “ini sudah ditunjukkan oleh kakek machmud. Meskipun dia cuman sekolah di tingkat rendah. Tetapi menjadi anggota dpa.” katanya.

Bijak bercerita jika saran dari keluarga serta warga di tempat berkaitan machmud jadi pahlawan nasional. Telah disodorkan semenjak tahun 90-an. Semenjak waktu itu. Faksi keluarga pro aktif memeriksa kelengkapan surat serta jumat minggu tempo hari (6/11/2020). Berita bahagia itu juga diterima oleh keluarga besar machmud jika si kakek akan dikukuhkan jadi pahlawan nasional 2020 oleh presiden joko widodo.

“sesudah gelar ini diterima oleh keluarga. Setelah tiba di papua barat. Kami akan memberikan ke pemerintahan propinsi papua barat. Karena atas usaha keras pemprov papua barat serta referensi yang diberi. Pengusulan ini diwujudkan. Kami juga mengharap dengan pengukuhan pahlawan nasional. Pemerintahan bisa memerhatikan figur pejuang.” ucapnya.

Bijak memberi pesan ke seluruh pihak. Menjadi bangsa yang besar. Terus menghargakan layanan pahlawan serta melanjutkan semangat nasionalisme serta perjuangan yang dikerjakan oleh beberapa pahlawan.

“untuk isi kemerdekaan ini. Kami ajak seluruh pihak di tanah papua untuk membuat tanah papua dengan sdm yang ada. Supaya papau serta papua barat tidak dinggap rendah oleh lainnya serta kita bisa terlepas dari ketinggalan.” katanya.

Presiden joko widodo memberikan gelar pahlawan nasional pada enam figur. Diantaranya adalah kakek dari gubernur dki jakarta. Anies baswedan.

 

By Preston

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!